Kamis, 19 Desember 2013

bangsa arab pra islam



BAB I
PENDAHULUAN

       A.    Latar Belakang Masalah
Untuk mengkaji tentang Islam, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui kondisi bangsa Arab pra Islam, karena Islam lahir di tengah-tengah bangsa Arab, sehingga kita bisa memperbandingkan kondisi Arab sebelum dan sesudah kedatangan Islam. Kondisi sosial yang dimaksud adalah kondisi politik, ekonomi, kebudayaan, agama, dan kepercayaan.
                                                                                                                                             B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Sejarah Bangsa Arab?
2.      Bagaimana Kondisi Politik Bangsa Arab Pra Islam?
3.      Bagaimana Kondisi Ekonomi Bangsa Arab Pra Islam?
4.      Bagaimana Kondisi Moral Bangsa Arab Pra Islam?
5.      Bagaimana Kondisi Budaya Bangsa Arab Pra Islam?
6.      Bagaimana Sistem Kepercayaan dan Agama Bangsa Arab Pra Islam?



















BAB II
PEMBAHASAN

       A.    Sejarah Bangsa Arab
Bangsa Arab adalah salah satu entitas yang berasal dari keturunan Sam, putra tertua Nabi Nuh.Entitas lainnya adalah Romawi dan Persia.Mereka berdomisili disekitar wilayah barat daya benua Asia (al-Janub al-Gharbi min Asia), atau yang biasa dikenal dengan Semenanjung Arabia.
Semenanjung Arabia sebagian besar terdiri dari gurun pasir dan stepa (padang rumput luas di gurun pasir). Sedikit sekali menyisakan wilayah yang layak ditinggali di sekitar pinggirnya, dan daerah itu semuanya dikelilingi laut.Ketika jumlah penduduk kian bertambah, mereka harus mencari lahan baru guna dijadikan tempat tinggal.
Mayoritas sejarawan dan peneliti sejarah mencatat, ada dua komunitas bangsa Arab yang pernah tinggal di wilayah Semenanjung Arabia ini, yaitu:
a.       Komunitas pertama adalah bangsa Arab yang datang jauh hari sebelum datangnya islam, sehingga referensi dan fakta sejarah tentang mereka sangat sulit diungkap. Hal ini cukup beralasan, mengingat jauhnya rentang waktu serta tidak ditemukannya indikasi eksistensi mereka dalam panggung sejarah kehidupan manusia. Sejarah mereka hanya dapat diketahui dari keterangan kitab-kitab samawi, terutama al-Qur’an, Injil, Taurat, dan syair-syair jahiliyah.[1][1] Bangsa ini selanjutnya dikenal dengan istilah Baidah. Arab baidah adalah orang Arab yang kini tidak ada lagi dan musnah. Di antaranya adalah A’ad, Tsamud, Thasm, Jadis, Ashab ar-Rass, dan penduduk Madyan.
b.      Komunitas kedua adalah bangsa Baqiyah (yang masih ada). Terdiri dari dua suku besar, yaitu Adnaniyin dan Qahthaniyin. Kabilah Adnaniyin berasal dari keturunan Ismail ibn Ibrahim as. Dinamakan Adnaniyin karena nenek moyang dari kabilah ini bernama Adnan, yaitu salah satu keturunan Nabi Ismail. Suku kedua dari bangsa Baqiyah adalah kabilah Qahthan.Garis keturunan Qahthan sampai pada Yaqthan yang dalam kitab taurat disebut Yaqzan. Nassabun (pakar genealogi) mengatakan, bahwa Qahthan adalah nenek moyang suku-suku di negeri Yaman (Ab al-Yamaniyin).[2][3] Pada mulanya wilayah utara diduduki golongan Adnaniyin, dan wilayah selatan didiami golongan Qahthaniyin. Akan tetapi, lama kelamaankedua golongan itu membaur karena perpindahan-perpindahan dari utara ke selatan atau sebaliknya.[3][4]

       B.     Kondisi Politik
Kondisi politik internal wilayah Arabia di masa Jahiliyah menjelang kedatangan Islam pada dasarnya terpecah-pecah,  tidak mengenal kepemimpinan sentral ataupun persatuan. Kepemimpinan politik di sana didasarkan pada suku-suku atau kabilah-kabilah guna mempertahankan diri dari serangan suku-suku yang lain.[4][5]Seluruh kesetiaan terserap dalam kelompok yang bertindak sebagai sebuah kolektivitas untuk mempertahankan individu warganya dan untuk menghadapi tanggung jawab bersama. Jika seorang warga teraniaya, maka klan menuntut balas atas penganiayaan tersebut. Jika seseorang  melakukan penganiayaan, maka hal itu menjadi tanggung jawab klan. Sebagai konsekuensi solidaritas kelompok, yang disebut asabiyah. Sebuah klan dipimpin oleh syaikh yang biasanya dipilih oleh warga klan yang tua-tua dari salah satu keluarga berpengaruh dan ia senantiasa bertindak setelah meminta saran-saran mereka. Mereka menyelesaikan perselisihan internal sesuai dengan tradisi kelompok, namun ia tidak berhak mengatur ataupun memerintah. Syaikh haruslah seorang yang kaya dan suka berderma kepada fakir miskin dan kepada pendukungnya; ia haruslah seorang yang berperilaku adil dan bijak, sabar, pemaaf dan rajin bekerja. Di atas segalnya, ia haruslah seorang yang memiliki keputusan yang adil untuk menghindarkan pertentangan di kalangan pengikutnya.
Pada masa itu, bangsa Arab tidak memiliki sistem atau norma yang secara ketat mengatur wilayah kehidupan sosial baik antar individu maupun kelompok (kabilah). Tidak ada hukuman bagi pelanggar hukum. Yang ia terima hanya sebatas kebencian atau sikap acuh dari kelompoknya.

       C.     Kondisi Ekonomi
Sumber ekonomi utama yang menjadi penghasilan orang Arab adalah perdagangan dan bisnis.Orang-orang Arab dimasa jahiliyah sangat dikenal dengan bisnisdan perdagangannya. Perdagangan menjadi darah daging orang-orang Quraisy sepeti yang Allah sebutkan dalam Al-Qur’an, : “Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, yaitu kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.” (Quraisy: 1-2)
Mereka melakukan perjalanan bisnis ke Yaman pada musim dingin dan ke Syam pada musim panas.
Perekonomian bangsa Arab di negeri Yaman yang merupakan negeri yang subur, khususnya di sekitar bendungan Ma’rib, di mana pertanian maju secara pesat dan menakjubkan.Di masa itu juga telah berkembang industri, seperti industri kain katun dan persenjataan berupa pedang, tombak, dan baju besi.Akan tetapi, mereka tidak bersyukur dan justru berpaling dari ketaatan kepada Allah.Karena kekufuran itu, Allah pun menghancurkan bendungan Ma’rib itu.
Sementara itu, mayoritas kabilah Adnan tinggal di tengah gurun pasir dengan rumput yang sedikit untuk mengembala domba. Mereka hidup dari susu dan dagingnya.[5][9]

a.       Memang pada dasarnya masyarakat Arab Jahiliyah memiliki sejumlah sifat-sifat positif dan kelebihan-kelebihan.Seperti sifat dermawan, pemberani, setia, ramah, sederhana, serta cinta kebebasan, ingatannya kuat dan pandai bersyair.Namun, itu semua menjadi tenggelam dan tidak mampu menampilkan moralitas tinggi masyarakat Arab saat itu. Hal ini disebabkan oleh suatu kondisi yang menyelimuti kehidupan mereka, yaitu kemusyrikan, kekafiran, ketidakadilan, kejahatan dan fanatisme suku-suku sehingga menghalalkan segala cara. Di sinilah arti Jahiliyah dapat dipahami. Mereka bukan bodoh (jahil) dalam arti buta huruf dan tidak mengenal pengetahuan sama sekali, tetapi mereka tidak mengetahui hakikat dan sumber kebenaran, dan tidak mengenal tuhan yang semestinya mereka sembah.
Struktur masyarakat menempatkan perempuan pada posisi sangat rendah, bahkan tak terhitung sebagai manusia yang wajar.Iadinilai identik dengan barang-barang komoditas. Perempuan halal dijadikan gundik-gundik seorang penguasa, dimana mereka mudah dikawini dan mudah pula diceraikan.Di saat mereka menjalani masa haid, mereka tidak diperbolehkan untuk tidur dalam satu rumah dengan keluarganya.Mereka harus tidur di kandang bagian belakang rumah.
Sistem perbudakan berlaku dan berkembang di kalangan bangsa Arab.Mereka di pekerjakan dengan sekehendak majikan, dan dijual belikan serta ditukar dengan barang sebagai layaknya pedagang melakukan transaksi jual beli secara barter.
Kaum bangsawan menindas rakyat jelata dengan sesuka hati dan segala cara. Maka, perdamaian antarsuku sangat sulit diwujudkan, peperangan demi peperangan terus terjadi di antara mereka. Penghargaan manusia didasarkan atas prestise bukan prestasi, dan hubungan sosial ditentukan oleh ikatan darah dan emosi, bukan ikatan-ikatan kemanusiaan dan keagamaan sebagaimana yang nanti ditawarkan oleh islam.[6][10]
Contoh beberapa tradisi buruk masyarakat Arab Jahiliyah lainnya yaitu:
1.      Perjudian atau maisir. Ini merupakan kebiasaan penduduk di daerah perkotaan di Jazirah Arab, seperti Mekkah, Thaif, Shan’a, Hijr, Yatsrib, dan Dumat al Jandal.
2.      Minum arak (khamr) dan berfoya-foya. Meminum arak ini menjadi tradisi di kalangan saudagar, orang-orang kaya, para pembesar, penyair, dan sastrawan di daerah perkotaan.
3.      Nikah Istibdha’, yaitu jika istri telah suci dari haidnya, sang suami mencarikan untuknya lelaki dari kalangan terkemuka, keturunan baik, dan berkedudukan tinggi untuk menggaulinya.
4.      Mengubur anak perempuan hidup-hidup jika seorang suami mengetahui bahwa anak yang lahir adalah perempuan. Karena mereka takut terkena aib karena memiliki anak perempuan.
5.      Membunuh anak-anak, jika kemiskinan dan kelaparan mendera mereka, atau bahkan sekedar prasangka bahwa kemiskinan akan mereka alami.
6.      Ber-tabarruj (bersolek). Para wanita terbiasa bersolek dan keluar rumah sambil menampakkan kecantikannya, lalu berjalan di tengah kaum lelaki dengan berlengak-lenggok, agar orang-orang memujinya.
7.      Lelaki yang mengambil wanita sebagai gundik, atau sebaliknya, lalu melakukan hubungan seksual secara terselubung.
8.      Prostitusi. Memasang tanda atau bendera merah di pintu rumah seorang wanita menandakan bahwa wanita itu adalah pelacur.
9.      Fanatisme kabilah atau kaum.
10.  Berperang dan saling bermusuhan untuk merampas dan menjarah harta benda dari kaum lainnya. Kabilah yang kuat akan menguasai kabilah yang lemah untuk merampas harta benda mereka.




E.     Kondisi Budaya
Salah satu kelebihan bangsa Arab adalah terletak pada bahasanya.Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa rumpun Semit yang paling sempurna dan mampu bertahan dari seleksi alam hingga Islam datang, kemudian mengalami perkembangan sangat pesat karenanya. Mengenahi kebudayaan sebelum islam, buku sejarah dan kebudayaan islam (Tim Penyusun Depag RI, 1982: 11-15), menjelaskannya agak rinci sebagai mana disarikan berikut. Berkaitan dengan kelebihan bahasa, bangsa Arab pun pandai dalam bidang sastera, khususnya membuat syair-syair.Syair bagi mereka untuk mengungkapkan pikiran-pikiran, pengetahuan-pengetahuan, dan pengalaman-pengalaman hidupnya.
Ghalan bin Salamah dari suku Tsaqif dalam satu minggu mampu menciptakan sekumpulan syair, lalu membacakannya di depan forum untuk dibahas dan dikritik. Forum-forum seperti ini pada waktunya digelar untuk umum di suatu pasar yang disebut ukadz, di dalamnya dilengkapi dengan kegiatan pertandingan membuat dan membacakan syair-syair yang terbaik.Di antara syair-syair yang terpilih kemudian digantungkan di dinding Ka’bah sebagai penghargaan yang biasa disebut mu’allaqat. Tradisi semacam ini tampaknya masih berkembang dan dimanfaatkan dalam islam sebagai alat dakwah dan pengembangan ilmu pengetahuan bangsa Arab Islam.
Kehidupan masyarakat Arab berpindah-pindah dari satu ke lain tempat yang di anggap dapat memberikan kemudahan untuk hidup. Kondisi alam semacam ini membuat mereka bersikap sebagai pemberani dan bersikap keras dalam mempertahankan prinsip dan kepercayaan.Kondisi ini pula yang membuat mereka harus menguasai seperangkan ilmu dan ketrampilan untuk hidup sesuai dengan lingkungannya. Misalnya, mereka mengusai ilmu meramal jejak dan peristiwa alam yang akan terjadi, seperti kapan turun hujan, dimana terdapat mata air, dan dimana terdapat sarang binatang buruan serta binatang buas. Di siang hari mereka mampu membaca jejak melalui padang pasir, sedangkan di malam hari mereka mengunakan bintang-bintang. Karena itu, ilmu-ilmu perhitungan (semacam ramal) dan perbintangan, dalam batas-batas tertentu, berkembang di kalangan bangsa Arab sebelum islam.
Bangsa Arab juga mahir dalam membuat dan menghafal silsilah keluarga dan nenek moyangnya. Mereka bangga dengan kemampuan itu, karenanya mereka mampu menunjukkan hubungan dirinya dengan nenek moyangnya yang besar-besar, sehingga mereka akan memperoleh prestise karena keturunan. Setiap kabilah mempunyai dan mengetahui silsilah keturunannya.[7][12]

F.      Sistem Kepercayaan dan Agama
Bangsa Arab sebelum Islam sebenarnya telah mengenal keyakinan terhadap satu Tuhan (Tauhid / Monoteisme), yaitu Allah SWT.; sebuah ajaran yang dibawa oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Al-Qur’an sendiri mengakui eksistensi ajaran Ibrahim dan menyebutnya dengan nama Hanif (agama yang lurus). Namun, beberapa abad sebelum kedatangan Islam, kemurnian ajaran suci itu telah ternoda oleh tahayul dan khurafat, hingga sampai pada penyekutuan (syirk) terhadap Allah SWT.Penyimpangan ini kemudian dikenal dengan watsaniyah (penyembahan terhadap berhala / patung).[8][13]
Al-Syihristani, seorang sejarawan Muslim terkemuka, mengatakan bahwa terdapat 360 berhala di Ka’bah, yang paling terkenal adalah Hubal, yang dibawa dari Belka di Syria ke Arabia oleh Umru bin Lahi,dengan tujuan agar bisa mendatangkan hujan ketika di mintai. Yang menarik untuk di catat adalah Hubal di anggap bisa mendatangkan hujan,sebuah sifat khas Tuhan yang berasal dari wilayah pertanian. Tiga patung Tuhan lain yang terkenal di Mekkah adalah Manat, al-Lat, dan al Uzza.[9][14]
Bangsa Arab selatan menyembah banyak dewa dan dewi, di antaranya yang paling terkenal adalah ‘Athar, yang dianggap sebagai personifikasi planet Venus.Mereka juga menyembah dewa matahari yang bernama Almaqah di Saba’, Wadd (cinta?) di Ma’in, ‘Amm di Qataban, dan Sin di Hadramaut.Matahari juga disembah sebagai dewi Syam (matahari).Para dewa dan dewi dipuja di berbagai tempat ibadah yang masing-masing menpunyai pengikutnya sendiri.
Kaum nomad padang pasir tidak mempunyai agama formal atau doktrin tertentu. Mereka menganut apa yang disebut dengan “humanisme suku”, dimana yang paling penting adalah keunggulan manusia dan kehormatan suku.



G. Arab pra islam
      Ditilik dari silsilah keturunan dan cikal bakalnya, para sejarawan membagi kaum-kaum Bangsa Arab menjadi Tiga bagian, yaitu :
·         Arab Ba’idah, yaitu kaum-kaum Arab terdahulu yang sejarahnya tidak bisa dilacak secara rinci dan komplit. Seperti Ad, Tsamud, Thasn, Judais, Amlaq dan lain-lainnya.
·         Arab Ba’idah, yaitu kaum-kaum Arab yang berasal dari keturunan Ya’rub bin Yasyjub bin Qahthan, atau disebut pula Arab Qahthaniyah.
·         Arab Ba’idah, yaitu kaum-kaum Arab yang berasal dari keturunan Isma’il, yang disebut pula Arab Adnaniyah.

H. Sistem Kepercayaan Dan Kebudayaan
     Kepercayaan bangsa Arab sebelum lahirnya Islam, mayoritas mengikuti dakwah Isma’il Alaihis-Salam, yaitu menyeru kepada agama bapaknya Ibrahim Alaihis-Salam yang intinya menyeru menyembah Allah, mengesakan-Nya, dan memeluk agama-Nya.
     Waktu terus bergulir sekian lama, hingga banyak diantara mereka yang melalaikan ajaran yang pernah disampaikan kepada mereka. Sekalipun begitu masih ada sisa-sisa tauhid dan beberapa syiar dari agama Ibrahim, hingga muncul Amr Bin Luhay, (Pemimpin Bani Khuza’ah). Dia tumbuh sebagai orang yang dikenal baik, mengeluarkan shadaqah dan respek terhadap urusan-urusan agama, sehingga semua orang mencintainya dan hampir-hampir mereka menganggapnya sebagai ulama besar dan wali yang disegani.
      Kemudian Amr Bin Luhay mengadakan perjalanan ke Syam. Disana dia melihat penduduk Syam menyembah berhala. Ia menganggap hal itu sebagai sesuatu yang baik dan benar. Sebab menurutnya, Syam adalah tempat para Rasul dan kitab. Maka dia pulang sambil membawa HUBAL dan meletakkannya di Ka’bah. Setelah itu dia mengajak penduduk Mekkah untuk membuat persekutuan terhadap Allah. Orang orang Hijaz pun banyak yang mengikuti penduduk Mekkah, karena mereka dianggap sebagai pengawas Ka’bah dan penduduk tanah suci.
      Pada saat itu, ada tiga berhala yang paling besar yang ditempatkan mereka ditempat-tempat tertentu, seperti :
                1. Manat, mereka tempatkan di Musyallal ditepi laut merah dekat Qudaid.
                2. Lata, mereka tempatkan di Tha’if.
                3. Uzza, mereka tempatkan di Wady Nakhlah.
     Setelah itu, kemusyrikan semakin merebak dan berhala-berhala yang lebih kecil bertebaran disetiap tempat di Hijaz. Yang menjadi fenomena terbesar dari kemusyrikan bangsa Arab kala itu yakni mereka menganggap dirinya berada pada agama Ibrahim.
     Ada beberapa contoh tradisi dan penyembahan berhala yang mereka lakukan, seperti :
1.Mereka mengelilingi berhala dan mendatanginya, berkomat-kamit dihadapannya, meminta pertolongan tatkala kesulitan, berdo’a untuk memenuhi kebutuhan, dengan penuh keyakinan bahwa berhala-berhala itu bisa memberikan syafaat disisi Allah dan mewujudkan apa yang mereka kehendaki.
1.      Mereka menunaikan Haji dan Thawaf disekeliling berhala, merunduk dan bersujud dihadapannya.
2.      Mereka mengorbankan hewan sembelihan demi berhala dan menyebut namanya.
     Banyak lagi tradisi penyembahan yang mereka lakukan terhadap berhala-berhalanya, berbagai macam yang mereka perbuat demi keyakinan mereka pada saat itu.
Bangsa Arab berbuat seperti itu terhadap berhala-berhalanya, dengan disertai keyakinan bahwa hal itu bisa mendekatkan mereka kepada Allah dan menghubungkan mereka kepada-Nya, serta memberikan manfaat di sisi-Nya.
Selain itu, Orang-orang Arab juga mempercayai dengan pengundian nasib dengan anak panah dihadapan berhala Hubal. Mereka juga percaya kepada perkataan Peramal, Orang Pintar dan Ahli Nujum.
     Dikalangan mereka ada juga yang percaya dengan Ramalan Nasib Sial dengan sesuatu. Ada juga diantara mereka yang percaya bahwa orang yang mati terbunuh, jiwanya tidak tentram jika dendamnya belum dibalaskan, ruh nya bisa menjadi burung hantu yang berterbangan di padang seraya berkata,”Berilah aku minum, berilah aku minum”!jika dendamnya sudah dibalaskan, maka ruh nya akan menjadi tentram.
Sekalipun masyarakat Arab jahiliyah seperti itu, toh masih ada sisa-sisa dari agama Ibrahim dan mereka sama sekali tidak meninggalkannya, seperti pengagungan terhadap ka’bah, thawaf disekelilingnya, haji, umrah, Wufuq di Arafah dan Muzdalifah. Memang ada hal-hal baru dalam pelaksanaannya.






BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
  Bangsa Arab adalah salah satu entitas yang berasal dari keturunan Sam, putra tertua Nabi Nuh. Entitas lainnya adalah Romawi dan Persia. Mereka berdomisili disekitar wilayah barat daya benua Asia (al-Janub al-Gharbi min Asia), atau yang biasa dikenal dengan Semenanjung Arabia.
  Kondisi politik internal wilayah Arabia di masa Jahiliyah memjelang kedatangan Islam pada dasarnya terpecah-pecah,  tidak mengenal kepemimpinan sentral ataupun persatuan. Kepemimpinan politik di sana didasarkan pada suku-suku atau kabilah-kabilah guna mempertahankan diri dari serangan suku-suku yang lain.
  Sumber ekonomi utama yang menjadi penghasilan orang Arab adalah perdagangan dan bisnis.
  Salah satu kelebihan bangsa Arab adalah terletak pada bahasanya. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa rumpun Semit yang paling sempurna dan mampu bertahan dari seleksi alam hingga Islam datang, kemudian mengalami perkembangan sangat pesat karenanya.
  Bangsa Arab sebelum Islam banyak yang menyembah berhala.

                        



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar